Kisah Korban Tragedi Poso

Sumber Kesaksian: Nice Lingkeka, Hederita Rongkombulu, Nimu Wadenda

Tragedi berdarah yang menyayat kalbu kembali terulang di Poso. Kasus pembantaian tragis terhadap 3 siswi SMA di Poso Oktober lalu, meninggalkan luka yang mendalam bagi keluarga mereka. Sampai hari ini, foto berbingkai dari Theresia, Yarni, dan Alvita masih terpasang di makam.

Hari itu, Sabtu 29 Oktober 2005, sekitar pukul 06.30 waktu setempat, ketiga gadis remaja ini dan Noviana, berangkat bersama ke sekolah mereka di SMU gereja Kristen Sulawesi Tengah, di kota Poso. Saat berjalan menyusuri jalan setapak dan menuruni bukit bambu yang disebut buyung-buyung, tiba-tiba sekelompok pria menghadang dengan parang di tangan dan mengepung mereka. Noviana, satu-satunya yang berhasil meloloskan diri dari mereka, pipi kirinya robek terkena tebasan parang. Kini dia menjadi satu-satunya saksi hidup yang masih dicengkeram trauma.

Setelah peristiwa itu, orang tua para korban menjadi sorotan massa. Pertanyaan demi pertanyaan seakan tak pernah berhenti. Semua pihak turut bersimpati, tetapi semua itu tidak dapat mengembalikan Theresia (16), Yarni (15), dan Alvita (19) ke pangkuan mereka. SOLUSI mengundang orang tua ke tiga korban ke studio. Satu persatu mereka menceritakan kenangan tentang anak mereka.

Nice Lingkeka (Ibu Alvita): Dia itu yang paling memperhatikan saya, menyiapkan air untuk mandi dan makanan saya. Dia senang berkumpul, bercerita lucu dengan teman-temannya, dia senang melihat teman-temannya tertawa. Kemana saja dia pergi, dia cepat mendapat teman. Sabtu malam dia selalu menyiapkan lagu untuk dinyanyikan di gereja hari minggunya…

Sedangkan Yarni, dikenal sebagai anak yang sederhana, ramah, dan berbakti pada orang tua. Sikapnya yang santun dan ramah membuatnya disukai guru dan teman-temannya. Dia juga termasuk anak yang cerdas dan berprestasi di sekolah.

Hederita Rongkombulu (Ibu Yarni): Setelah makan dia bantu cuci piring, menyapu, cuci pakaian, bantu-bantu di dapur… Apa yang saya katakan, dia selalu ikut, tidak pernah dia membantah…

Sepeninggal Yarni, Hederita bermimpi melihat dua teman putrinya berdiri di depan pintu. Dalam mimpi itu dia berpikir seandainya Yarni masih hidup, dia pasti berdiri di situ bersama teman-temannya. Lalu dia melihat Yarni yang sedang tidur, terbangun. Dia berkata, “Nak, kamu kan sudah meninggal.”. Tapi Yarni bilang, “Tidak, mama jangan sedih, mama jangan menangis. Saya tidak mati, saya hanya tidur dengan nama Tuhan.”

Sementara itu Theresia, putri yang paling disayangi oleh ibunya, dikenal sebagai anak yang ramah dan murid yang baik di sekolahnya.

Nimu Wadenda (Ibu Theresia): Dia bilang ingin melanjutkan sekolah, saya bilang bagaimana kalau saya tidak mampu, kamu kasihan. Katanya doa saja mudah-mudahan Tuhan buka jalan supaya mama bisa menyekolahkan saya dan saya bisa menyenangkan mama di kemudian hari… Kalau saya kasih uang jajan lebih ke sekolah, dia kembalikan lagi… Itu anak satu-satunya tumpuan harapan…

Sebelum tragedi ini terjadi, Alvita sempat menulis syair lagu yang rencananya akan dia nyanyikan keesokan harinya di gereja. Inilah syair tersebut:

Inilah kami Tuhan, yang datang kepadaMu
Di kaki salibMu kami berserah
Tuntunlah kami Tuhan ke jalan yang Kau kehendaki
Bawalah kami, angkatlah kami ke jalan yang benar Tuhan
Marilah kita semua angkat puji bagi Dia
Jangan ada di antara kita hidup saling membenci
Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri
Itulah yang pertama dan yang terutama

Dalam syair yang dibuat oleh Alvita, sebenarnya ada pesan Tuhan untuk kita, yaitu kita harus saling mengasihi antara satu dengan yang lain, dengan cara datang kepada Tuhan, dan minta anugrahNya, karena Tuhan adalah kasih. Selain itu mereka juga menyampaikan pesan kepada pelaku pembunuhan putri-putrinya:

Nice Lingkeka: Kami mendoakan pelaku-pelaku itu, supaya Tuhan mengampuni segala perbuatan yang jahat itu. Dan biarlah Tuhan mengubah pikiran-pikiran yang jahat itu supaya di kehidupan ke depan ini dia tidak akan berbuat seperti itu lagi, supaya kota Poso bisa aman.

Nimu Wadenda: Kami berdoa, terhadap pelaku-pelaku, supaya kami dapat mengampuni mereka, sama seperti Tuhan mengampuni kami. Jadi semuanya ini hanya kami serahkan ke dalam tangan Tuhan.

Hederita Rongkombulu: Kami mendoakan mereka, agar Tuhan Yesus mengampuni mereka.

Mereka telah membuat suatu keputusan yang sulit diterima logika manusia, yakni melepaskan pengampunan bagi orang yang telah merenggut nyawa anak-anak mereka. Bagaimana dengan anda? Dengan mengasihi dan mengampuni, akan membuka pintu anugerah Tuhan. Sebab apa yang kita tabur, akan kita tuai. Dengan menabur kasih dan pengampunan, kita juga akan menuai kasih dan pengampunan dari Tuhan. Ini yang membuat hidup anda diberkati.

“Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.” (Matius 5:43-45)

67 Comments

  • ZENI KIRBAT says:

    INDONESIA BODOH ,HUKUM SUDAH MATI,YANG KUAT BERTAHAN DAN YANG LE MAH MATI CONTOHNYA TRAGEDI POSO ,,,,,,,,,,,,,,, NGGA BECUS MENGURUS NEGARA INDONESIA HANYA MENGENAL UAAAAAAAAAAAANG

  • ROMY says:

    PUJI SYUKUR KITA PNJAT KAN PADA TUHAN (ALLAH SWT ).SEBAGAI UMAT yg bragama nd mengerti agama .saya ucapkan sm0ga klwarga yg dtnggal dapat diberi ketabahan oleh tuhan (allah swt ) dan jangan kita memecah blah sodara sebangsa(setanah air) MARI Brsatu demi kedaulatan NKRI. .

  • ikki says:

    May god helps us….

  • mhona says:

    kemana sih,,, presiden saat tragedi POSO!!
    Biadab!!

  • edward says:

    Tuhan . .ampuni sgala yg telah mereka perbuat . . . .sbab mereka tak tahu apa yg mereka perbuat . . . .

  • aing says:

    woi ada denganmu

  • wilma.nona@gmail.com says:

    Melepaskan pengampunan adalah jalan keluar dari kesedihan dan sakit hati.Jangan hidup dalam masa lalu tapi mari jalani hari depan bersama Kasih Tuhan YESUS yang abadi.

  • Stefi Maharani says:

    Kolose 3:13
    “Bersabarlah seorang terhadap yang lain, dan ampunilah segala dendam terhadap yang lain. Ampunilah seperti Tuhan mengampuni kamu”

    ampunilah yah musuh mu,, Tuhan akan membuka kan jalan bagi orang yang Benar dan yg percaya kpdaNya.. Tuhan Yesus memberkati,,,

  • mulia says:

    mereka yang mati dalam nama Tuhan Yesus lebih beruntung daripada yang masih hidup di dunia tapi tanpa Yesus.

  • Manto Pakpahan says:

    Semoga keluarga besar yg ditinggalkan
    meneria sukacita dlm kasih kristus

  • zie says:

    Tuhan adalh hakim yang adil,,, mungkin dari kisah di poso itulah mereka akan bertobat seperti halnya tentara romawi yang menusuk tombaknya ke lambung Yesus sehingga ia bertobat dan menjadi pelayan Tuhan.. Amin,,

  • syukma says:

    aku kurang setuju dengan perkataan zie, sebenarnya kalimatnya benar tetapi aku kurang setuju dengan kalimat TUHAN setau aku di dunia ini hanya ada ALLAH bukan TUHAN 0K………!

    • tejo says:

      HEI,….. BRO,…. TUHAN dengan ALLah itu hanya sebutan gelar saja. jadi dua-duanya sama, okey..?

  • raja says:

    emphatey…

  • tyas says:

    itulah takdir

  • PIET MATURBONGS says:

    saya mengucapkan selamat berbahagia bersama Yesus buat keluarga yg ditinggalkan. saya yakin keluarga yg ditinggalkan akan hidup dalam kepenuhan sukacita, karena Yesus tidak pernah membiarkan mereka susah.

  • winarto says:

    smoga yg di tinggalkan di beri ktabahan.

    kami generasi muda brjanji akan menegakkan hukum di negara ini.

    amin.gbu

  • INTAN... says:

    biadab!!!

  • dilla............ says:

    dasar gatau diri

  • zaitun says:

    kmna polisi dan tni kita … dasar pmrintah gk becus siapa yg mau di salah kan kle dah begini hidup islammm

  • dadhank says:

    yg lalu biarlah berlalu mari skrng kita bangun brsama kota poso yg aman dan damai di bumi SINTUWU MAROSO….

  • tuhan mengapa engkau biarkan ini semua harus terjadi
    tak adakah mujijat darimu untuk menghentikan semua ini
    ataukah ini adalah sebuah contoh darimu kepada kami umatmu
    agar kita tak saling lagi bermusuhan satu atau yang lainya
    tuhan aku bermohon padamu dengan sangat jangan engkau biarkan ini semua terjadi lagi qey…

  • xixixi says:

    Tuhan pasti punya rencana yang terindah dalam hidup kita…..
    bersabarlah dalam penderitaan……….

  • lia says:

    Puji TUHAN kesaksiannya sangat menguatkan…
    GBU

  • echie says:

    mari kita s’rahkan smuax pda Tuhan kita Yesus Kristus……..
    itu smua adlh rencna Tuhan dan ada mksdx trsndiri

  • Adi says:

    Betapa kejamnya engkau yang melakukan itu. Apakah kau tak punya rasa perikemanusiaan………. Cobalah kau byangkan jika kau yang merasakannya..????? Fikir donkkkkk…

  • jamie says:

    mengapa tuhan yesus itu seperti aku? aku punya kemaluan..seperti dia. sama saja seperti aku. jika dia disisi aku..aku bisa berbicara seperti dia. tuhan yang lemah

    • tejo says:

      Jamie..! Kalau nulis yang benar.. Apa Kamu TIdak Pernah di didik oleh BAPAKMU,…? Dasar Anaknya ORANG GILA.Bacotmu asal mangap bae….

  • Fairus says:

    Apabila kamu berada didalam kesusahan,ketakutan dan berada didalam pelbagai pemasalahan sebutlah ‘YA ALLAH’ berulang-ulang tidak kira kamu dimana ketika itu sama sedang berjalan,menaiki kenderaan,ditempat sunyi,ditempat musuh-musuhmu.didalam church atau dimana jua sekalipun dan keadaan mana sekalipun insyaallah suatu jalan kebenaran akan ditunjukkanya

  • yg dlu biarlah brlalu,yg skrang cri uang key….

  • Mario Teguh says:

    Semoga kalian para pemberontak sadar apa yang telah kalian perbuat, sesungguhnya tuhan melihat apa yang kalian tidak lihat.

  • kenzhi says:

    TUHAN tdk prnh mnutup mata atas penderitaan umatnya.

  • sandi says:

    kita harus belajar dgn apa yg telah terjadi..jgn saling menyalahkan,jln yg terbaik kita ambil sekarang adalah bagaimana kita bisa saling menghargai satu sama lain,saling mengasihi,saling memberi.kita hanyalah mahluk yg lemah yg tak pernah luput dari kehilafan.alangkah indahy bila kita saling memaafkan…karena damai itu indah,apa arti hidup,harta,kekayaan,klu tidak ada kedamaian,semua tiada arti……

  • lucki says:

    qta emng wjr mberi komentar ap yg qta rasa baik,tp jgnlah mengadili sendiri sesuai keinginanmu krna stu2nya Hakim yg adil Hanyala Tuhan Yesus krna dialah yg tau segala sesuatu yg trjdi di bumi. bt klurga korban yg d tinggal smoga Tuhan Yesus memberi ketabahan,kekuatan,kesehatan dlm mjalani hdup in.

  • ndry says:

    untuk moderator tetep di sortir lagi coment2 yg masuk,, untuk jamie kalo memang gk niat nulis jgn nulis

  • florensius says:

    Kita selalu berdoa buat yang jadi korban Yakin bahwa sekarang mereka ada di sebelah kanan Allah(sorga) dan buat pelaku nya kita mendoakan agar mereka di jamah dan di sentuh oleh Tuhan kiranya Pintu Tobat Masih terbuka bagi mereka

  • erwin says:

    cukuplah sekali negeri-ku terkoyak-koyak,bersatulah dan damailah slalu negeri Indonesia-ku…//><

  • naek says:

    hidup memang sebuah perjuangan,,,
    berjuang dalam iman,,
    semoga kemurahan hati ibu” di balas oleh Tuhan kita.
    mari kita serahkan segenap hati kita bagi-NYA.
    GOD BLESS…… :)

  • Tsabitah says:

    Biasakanlah menyebut ALLAH bkn Tuhan krn ALLAH sdh pasti Tuhan tetapi Tuhan belum tentu ALL
    AH

  • Sasha says:

    Aduh…Makin Menjamin aja kalo umat manusia bnyk yg masuk “NERAKA”

  • ferry says:

    luar biasa… jika bukan karena kasih Tuhan Yesus tidak mungkin dapat mengampuni orang yang telah membunuh anaknya sendiri… salud banget…

  • reen says:

    Mati adalah keuntungan bagi orang yang percaya dan sudah siap sedia. Ingatlah ikutilah yesus yang mana ketika di kayu salib, mengampuni orang farisi. Hai orang yang membunuh kerana belum belum mengenal tuhan, bertobatlah sungguh-sungguh dan jadilah saksi kristus kerana tuhan itu baik dan mengasihi manusia yang berdosa. Amen.

  • widigenroses says:

    semoga kalian sadar atas
    apa yg telah kamu perbuat

  • widigenroses says:

    maka kalian bertaubat lah
    meminta ampun kepada NYA
    SUBAHANNALLAHH…

  • adhyi says:

    orang kristen pantas d bantai

    • tejo says:

      Apa kamu tidak pernah di didik bapakmu…? bicara kayak anjing aja lo,… salah -salah gua habisi lo,..

  • amrizal says:

    sungguh biadab yg melakukan,tiada sorga bagi mereka di akhirat kayaknya.smoga beliu mati dlm kesushan.amin

    • kebangkitan rohani says:

      berdoa lah bagi mereka yang berbuat jahat kpda kta,di saat kita mengutuk,kita juga akan di kutuk..tuhan yg menghakimi,bkan manusia.

    • tejo says:

      Semoga pelakunya dapat balasan ke Anak Cucunya, AMIN…

  • epi says:

    kejadian tersebut jadikan bahn pelajaran bagi kita untuk melangkah ke depan. ciptakan kedamain di dunia ini agar allah tidak murka dengan kita. meskipun indonesia bergam suku dan agama, jadikanlah semuanya itu satu. kita jga tdk boleh mencibir yang di atas, karena jika kita jadi pemimpin belum tentu juga kedamain akan tercipta jika tdk ada kerja sama. meskipun berbeda, jadikanlah satu yaitu indonesia.

  • diLti says:

    sy ngga setuju dgn kata2nya syukma,, karena sy tau bahwa TUHAN kita YESUS KRISTUS itu HIDUP DAN ADA sampai skarang ini.

  • Jihad says:

    Sungguh menyedihkan,
    anyway smua tu gara2 brani mengusik muslim, yah bgtulah akibatnya…..
    smua rakyat indo termasuk kalian2 dah tau tu walau cm dlm hati…..

  • CHOGAN BOGOR says:

    gimana sih bisa jadi…???
    rusuh begini…???
    siapa yg mulai duluan….???

  • CHOGAN BOGOR says:

    gimana sih bisa jadi…???
    rusuh begini…???
    siapa yg mulai duluan….???
    smoga allah SWT menghampuni org yg membuuh..
    amienn

  • lavonte says:

    MAHA BESAR DAN MAHA KASIH ALLAH YAHWE ALLAH ISRAEL DALAM NAMA YESUS

  • zat says:

    smua manusia sama.cipta’an tuhan,,,,,cobalah untuk saling mengerti dan memahami,jangan ada rasa benci dan dendam ,

  • jek says:

    cobalah untuk saling berdampiungan meskipun berbeda adat dan kebiasa’an…..jangan saling menghina dan membenci …

  • alam says:

    lebih baik kiamat………..dari pada lo smua saling menghina saling membunuh manusia di ciptain untuk saling meng hargai bukan untuk saling membunuh dasar bego

  • wahyu says:

    parah tu orang nggax punya perikemanusiaann sama sekali,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  • banjar boys says:

    satu hal kita diadu domba

  • tejo says:

    Jangan salah Bro… Beraninya cuma sama wanita. itu namanya PENGECUT,…. Nyahok…?

  • deni says:

    iblis datang untuk mencuri membunuh dan membinasakan …..jangan kita tiru sifat-sifat iblis kecuali kita ingin tinggal bersamanya

Facebook

Get the Facebook Likebox Slider Pro for WordPress
Facebook login by WP-FB-AutoConnect